Cara Menampilkan File Tersembunyi dengan Klik Kanan


Menampilkan file tersembunyi dapat dilakukan hanya dengan klik kanan saja, tanpa perlu masuk ke pengaturan di Folder Options.

Cara Menampilkan File Tersembunyi dengan Klik Kanan

Atau menuliskan perintah di Command Prompt (CMD).
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menampilkan file yang tersembunyi (hidden files).
Baik dengan perintah di Command Prompt seperti: attrib -H -S Nama Drive:/*.* /S /D, misalnya: attrib -H -S D:/*.* /S /D.
Tapi kali ini kita tidak perlu menggunakan perintah tertentu, atau melakukan pengaturan dari menu Folder Options dari Windows Explorer, lewat Registry, Script, dll. Berikut caranya:

Cara pertama ini sebenarnya sudah di bahas pada postingan sebelumnya yaitu mengenai Cara Menambahkan Menu Klik Kanan dengan Shell Tools. Setelah apliksi Shell Tools terinstall, kita dapat menampilkan file tersembunyi dengan lebih mudah hanya dengan klik kanan kemudian pilih menu Show hidden files.

Cara berikutnya yaitu dengan membuat file .bat, di mana kode yang ditulis pada file ini sama dengan ketika kita akan menampilkan file tersembunyi lewat Command Prompt. Hal ini sangat berguna sekali jika Anda tidak dapat masuk Command Prompt karena sesuatu hal, misalnya: System sudah terserang virus. Jadi, silakan buka Notepad kemudian perintahnya seperti ini :

ATTRIB -H -S D:/*.* /S /D atau attrib -h -s d:/*.* /s /d

D adalah nama drive yang akan ditampilkan file tersembunyinya. Kemudian simpan file tadi dengan nama terserah anda, namun di akhiri dengan tanda .bat. Misalnya : tampilkan file.bat.

Cara Menampilkan File Tersembunyi dengan Klik Kanan

Jadi, seandainya ingin menampilkan file pada direktori yang dipilih, misalnya pada Flash Disk, kita hanya perlu menggunakan mouse (tetikus) untuk menampilkan file dan folder. Dapat juga dengan klik kanan, yaitu : klik file tadi dengan klik kanan, kemudian pilih Open, atau Dobel klik file tadi.

Semoga bermanfaat